Sebuah CatCil Lama

Bongkar-bongkar catatan lama, eh ketemu sebuah catatan kecil (CatCil) lama. Coretan saat jadi mahasiswa semester akhir dulu. Di foot notes nya kulihat tulisan itu ku tulis saat aku sedang menunggu dosen pembimbing skripsi. Biasa lah konsultasi skripsi. Aku tertarik untuk memuatnya di sini. Bukan apa-apa, biar gak hilang dari peredaran.hehe

Berikut catatan nya:

Terasa (menghindarkan diri dari mengatakan “tak terasa”, karena saya tak mati rasa,he), tahun sudah berganti ke angka 2013. Namun, status belum jua berganti. Sampai 2013 menyapa, status mahasiswa semester akhir belum jua bergegas beranjak. Sedikit bergeser dari target dan ijab kabul pada diri sendiri (hampir) 5 tahun yang lalu untuk menyelesaikan S1 cukup 4 tahun sahaja. Untuk menjadi sarjana cukup 4 tahun saja, ikrarku waktu itu. Bukan tak ingin, hanya keadaan yang menuntut saya belum bisa melepaskan diri dari status ini.

Namun, seperti biasa, saya tak ingin menyalahkan siapapun atas semua ini. Saya tak ingin menyalahkan dosen yang tak jua meluluskan saya di salah satu mata kuliah bahkan harus mengulang sampai dua kali (he). Tak juga menyalahkan orang-orang yang selama ini membuat saya terlalu sibuk sampai-sampai urusan kampus harus puas di nomor duakan. Tidak. Tak akan kusalahkan siapa2. Mengulang mata kuiah sampai dua kali dengan nilai terendah mengajarkanku tentang banyak hal, tentang ketekunan, tentang keseriusan dan juga tentang kerja keras. Juga tentang kebaikan tersembunyi yang kadang sering tertutupi kesan tak baik dan tak ramah. Menjadi sibuk mengajarkanku penghargaan pada waktu yang seperti Imam Hassan Al Banna pernah sampaikan; tugas-tugas jauh lebih banyak dari waktu yang tersedia.

Selalu lebih banyak cara untuk menghibur diri. Dan kurasa itu lebih baik daripada mengumpulkan seribu alasan untuk mengutuk dan menyalahkan diri (apalagi menyalahkan orang lain).

 ::Jumat, 4 jan 2013, dalam penantian menunggu pak harjono @depanruangperlengkapan FKIPUnram.

#KalapaKoneng, 11022014; 12:18

Leave a Reply

