Peladjaran Sakit Gigi

Sempat ku tulis status beberapa waktu yang lalu. Soal yang tak esensi sebenarnya. Soal sakit gigi. Bunyinya aku masih ingat “jikalaupun disuruh memilih antara sakit gigi dan sakit hati maka dengan tegas aku akan mengatakan? Aku tak akan pilih siapa-siapa”.

kaskushootthreads.blogspot.com

kaskushootthreads.blogspot.com

Sebenanya itu adalah ungkapan rasa sakit tak terkira tersebab sakit gigi yang teramat sakit. Akibat masa kecil tak rajin sikat gigi. Sakit tersebab tak sikat. Mungkin seperti itu aku bisa menyebutnya.

Jangan kau heran jika ayam berkokok dan tak salah apa-apa justru jadi korban dibentak-bentak oleh orang yang sakit gigi. Sakit yang sudah tak tertahankan membuat suara kokok ayam pun terasa menyakitkan.haha

Orang paling susah sebenarnya bukan kanker atau stroke tapi sakit gigi. Buktinya, tanda orng dikatakan sangat susah jika dagu dan pipi sudah disangga tangan. Nah orang dengan gigi sedang tak beres akan kau lihat menyangga pipi dengan tangan ditambah ekspresi meringis tanda nyeri tak terkira.

Namun, aku menarik beberapa pelajaran dari penyakit yang menyerang alat kunyah ini:
Belajar kalem

Sakit gigi membuat ngomong terasa tak menarik. Soalnya gerakan lidah yang komat kamit saat berbicara justru menambah sakit gigi. Jangan heran jika teman yg ceria mendadak cool karena penyakit ini.

Muhasabah (berat nih…)

Penyakit apapun selain sebagai penggugur dosa juga menjadi kesempatan bermuhasabah (merefleksi diri). Setiap penyakit adalah peringatan sesungguhnya. Saat maag, kita sedang diingatkan untuk lebih teratur soal makan. Saat sakit kepala, sebenarnya kita sedang diingatkan untuk untuk tak banyak memikirkan orang yang justru g mikirin kita…helloww.

Dan saat sakit gigi, kita diminta untuk segera mencabutnya jika memungkinkan. Tentu dengan bantuan dokter, hehe

Latihan nyunnah

Sunnah dalam makan itu yaitu makan secukupnya. Karena perut itu harus memenuhi kriteria sepertiga buat udara,sepertiga buat air dan sepertiga buat makanan. Dengan kata lain, sunnah itu makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kekenyangan. Sederhananya, kita diajarkan untuk tak terlalu banyak makan. Nah dengan gigi yang sakit, nafsu makan yang menggila bisa diredam. Secara,ngunyah makan buat orang sakit ggi adalah siksaan tersendiri. Bahkan yang mau diet pun sakit gigi cukup membantu. Sakit gigi tak jarang bikin kita jadi malas makan.hehe

(tapi jangan sampai harus menyakiti gigi agar diet berhasil,hehe)

Uji kesabaran

Segala penyakit pada hakikatnya adalah ujian kesabaran. (Serius nih)

Menghargai makna sehat

Dengan sakit gigi kita jadi tahu arti penting menjaga kebersihan gigi dan juga pentingnya soal disiplin dalam kebersihan. Mungkin kalau sekadar berteori semua orang tahu tapi dengan merasakan sendiri rasa sakitnya orang sakit gigi maka akan jadi sadar sendiri.
Experience is the best teacher, kata orang.

::BatuBantar Cimanuk, 03102014; 06:55

#di persinggahan dalam rihlah panjang Serang-Banyuasih

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s