Tentang D I A M

Pernah didiemin temen? Yang pernah, pasti ngerasai gimana gak enaknya. Apalgi teman kita tersebut adalah teman yang biasanya ceria dan tukang curcol. Diamnya adalah hal yang “luar biasa”. Kalau teman yang irit dalam hal ngomong hal tersebut hal yang biasa. Sangat biasa malah.

Jika bahasa dipahami sebagai alat komunikasi maka diam sesungguhnya adalah bahasa juga. Bahasa yang menyampaikan banyak hal dan beragam maksud.

Ada banyak kemungkinan penyebab dan maksud seseorang diam

Sakit gigi

Penyakit ini menyebabkan tidur tak nyenyak, makan tak enak dan nomongpun tak nak.

Sariawan

Pada level rendah tak masalah. Tapi pada level yang sudah kronis ngomong pun tak lagi menarik.

Marah

Bisa jadi diam adalah ekspresi kemarahan. Berhati-hatilah. Apalagi kata “diam!” diucapkan dengan suara menggelegar dapat dipastikan itu adalah ekspresi kemarahan.

Sedang Mikir

Pernah lihat orang yang tak mengucap kata sepatahpun tapi keningnya mengkerut?? Orang seperti itu bisa dicurigai sebagai orang yang sedang sedang memikirkan sesuatu. Walau ia tak menceritakannya.

Usiran

Saat kita berkunjung ke seseorang dan Ia lebih banyak mendiamkan kita ditambah beberapa ekspresi tambahan berupa tak acuh akan keberadaan kita maka curigalah bahwa anda sedang diusir dengan halus.

Capek

Capek membuat kita malas melakukan banyak hal. Salah satunya adalah malas untuk ngomong karena menggerakkan lidah dan bibir saat ngomong menghabiskan energi yang justru malah bikin tambah capek.

Protes

Pernah lihat orang di TV terdiam karena mulutnya ditempel dengan lakban atau karena mulutnya dijahit?. Ya, diamnya adalah bentuk protes!

Bisu

Dipastikan orang yang tak bisa ngomong adalah orang yang bisu alias tuna wicara. (yang ini mah anak SD juga tahu,Bro).

Bentuk ketawadhuan dan kehati-hatian

Mulutmu harimaumu kata orang. Diam adalah bentuk penjagaan diri dari salah ngomong maupun dari kemubaziran dalam hal berkata-kata. Bukankah Rasul bersabda “ fal yaqul khairan au liyasmut“ yang berarti “katakanlah yang baik atau diam”.

 

::Serang,28122013

#ngantukpun tak tertahankan

Advertisements

One thought on “Tentang D I A M

  1. pernah,,,, orangnya lagi sakit gigi plus sariawan 24 karat, murni beraaatttt… kebanyakan makan coklat dan nasi padang ekstra pedes sih,, ,makanya kombinasi sakit gigi dan sariwawan dianya… asem banget dah,,, pait… semoga beliau lekas sembuh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s