Nampar

“Tulisanmu menamparku,Bro”, canda teman suatu ketika.

Sebuah tulisan ringan pernah ku tulis sempat terbaca oleh sang teman dan ternyata membuatnya cukup “gerah” dan merasa tertampar disaat yang bersamaan.

“Aku tak berniat menamparmu, justru aku berniat mambacokmu dengan tulisan itu. haha”, sambil tertawa aku membalas candanya.

Aku ingat bahasa yang aku pakai dalam tulisan itu adalah bahasa yang sangat halus (yang berarti tidak kasar,tho?). Tapi aku tidak sadar ternyata halusnya itu justru yang membuatnya sangat menusuk dalam ke hati.

Aku jadi terfikir tentang konsep fisika sederhana yang dulu sempat aku pelajari. Dan juga aku ajarkan pada siswa-siswaku. Fisika sederhana kelas 1 SMP. Tentang materi tekanan.

Dengan gaya yang sama tapi dengan luas permukaan yang berbeda akan menghasilkan tekanan yang berbeda. Makin kecil luas permukaan, makin besar tekanan yang dihasilkan. Dan sebaliknya.

Silet yang kecil, tajam dan haus justru lebih cepat digunakan untuk memotong dan lebih dalam dibanding silet yang tak tajam, kasar apalagi yang berkarat.

Saat bernasihat, soal bahasa pun harus menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Dengan bahasa yang kasar pesan kita mungkin sampai tapi ia bisa melukai dan menyakitkan bahkan tak jarang “merobek” hati orang.

Bahasa yang indah nan halus tapi tetap tajam justru lebih dalam merasuk hati dan lebih dapat menyadarkan bahkan mengubah dengan indah. Tak melukai apalagi menyakiti. Sakit mungkin tapi ia tak sesakit jika terlukai kata tajam nan kotor apalagi berkarat. Penuh hardikan dan sumpah serapah. Bak sampah. Niat hati nak mengubah, namun justru bikin resah dan gelisah. Tak jarang malah bikin marah.

Sering kita berniat bernasehat tapi yang dinasehati malah bukan merasa dinasehati tetapi lebih sering merasa dihakimi dan dihujat. Maka tak sedikitpun sang ternasehat menaruh minat.

Tak salah (dan memang selalu benar) nasihat Allah dalam alqur’an,

Serulah ke jalan tuhanmu dengan cara yang hikmah dan pelajaran yang baik.” (QS 16:125)

Jaralang, 27122013 ; 06:30 am

#when d’journey start

Leave a Reply

