Tersihir Andrea

Aku menyadari aku benar-benar kagum dengan Andrea Hirata. Dengan sederetan novel nya yang benar-benar luar biasa.

Penulis dengan seluruh koleksi novelnya aku punyai hanyalah Andrea. Aku mempunyai koleksi seluruh novel yang pernah ditulisnya. Dari tetralogi laskar pelangi, dwilogi padang bulan sampai novel terbarunya, sebelas patriot, terpajang apik di perpustakaan pribadiku. Bahkan buku-buku behind the scene pembuatan film-film yang dibuat based on novel-novel Andrea pun aku punya. Kuingat, aku juga mempunyai buku yang khusus membahas tentang fenomena laskar pelangi yang ditulis oleh seorang wartawan yang mencoba membahas novel tersebut dari berbagai sisi.

Aku curiga, barangkali inilah yang namanya ngefans tingkat dewa. haha

Aku belum menemukan penulis dan novel semisal sampai saat ini. Yang hampir menyamai barangkali hanya Habiburrahman el Shirazy. Aku sudah membaca seluruh novel yang ditulis Kang Abik tapi hanya novel ayat-ayat cinta  yang aku punya. Itupun aku beli ketika ada diskon besar-besaran. Dengan harga yang sangat miring.

Andrea telah menyihirku lewat rangkaian kata-katanya yang seperti menyebarkan aroma magis.

Hari ini, sejak pagi aku meringkuk di kamar. Mencoba menamatkan edensor. Novel ketiga dari trilogi laskar pelangi. Suasana di luar memaksa ku untuk tak beraktivitas di luar ruangan. Musim hujan dan musim “barat” sedang melanda. Hujan deras dan angin kencang tak henti-hentinya sejak tadi subuh.

Tepat 12:30 saat aku menamakan novel itu. Sudah tak terhitung berapa kali aku baca dan tamatkan. Aku tak pernah bosan membaca novel ini. Dan setiap kali selesai membaca aku mendapatkan sesuatu yang yang sepertinya aku lewatkan saat membaca sebelumnya.

Novel ini menceritakan bagaimana sang penulis berkelana dari kampung nun jauh di Belitong sana menuju benua impiannya. Benua Eropa. Kemudian berlanjut dengan perjalanannya melintas puluhan negara Eropa sampai Afrika. Dari dinginnya negara Balkan sampai panasnya gurun Sahara sempat Ia rasakan.

Sebuah pencarian jawaban atas cinta dan mimpi-mimpi yang dulu pernah terpatri serta janji yang pernah terucap dalam dirinya.

“Aku ingin mendaki tantangan, menerjang batu granit kesulitan, menggoda marabahaya, dan memecahkan misteri sains. Aku ingin hirup berupa-rupa pengalaman lalu terjun bebas menyelami liku-liku hidup yang yang ujungnya tak dapat disangka. Aku mendamba kehidupan dengan kemungkinan-kemungkinan yang bereaksi satu sama lain seperti benturan molekul uranium; meletup tak terduga, menyerap, mengikat, mengganda, berkembang, terurai, dan berpencar ke arah yang mengejutkan. Aku ingin k tempat-tempat yang jauh, menjumpai beragam bahasa dan orang-orang asing. Aku ingin berkelana, menemukan arahku dengan membaca bintang gemintang. Aku ingin mengarungi padang dan gurun-gurun, ingin melepuh terbakar matahari, limbung dihantam angin, dan menciut dicengkeram dingin. Aku ingin hidup yang menggetarkan, penuh penaklukan. Aku ingin hidup! Ingin merasakan sari pati hidup! ”.

Subhanallah. Benar kata seseorang yang pernah kudengar (atau kubaca) bahwa jika kita jujur dengan target-target dan mimpi-mimpi kita maka Allah akan menggenapinya untuk kita. Andrea membuktikannya.

Andrea yakin dengan target-targetnya dan Allah menggenapi untuknya.

Saat ia ingin hidup yang penuh tantangan maka ia diberikan keberanian untuk dengan berani keluar dari zona nyamannya sebagai seorang ambtenaar yang tak semua orang dengan mudah mendapatkannya. Padahal ia bisa dengan mudah menikmati hidup berkecukupan dengan statusnya saat itu.

Saat ia bermimpi berkunjung ke tempat yang jauh dan berjumpa beragam bahsa maka Tuhan menyampaikannya ke Perancis. Dan kemudian tersampaikan ke tanah dingin Skandinavia, ke negeri luas Rusia bahkan sampai ke gurun terluas dunia, Sahara.

Bahkan ia mendapatkan “bonus” berupa pertemuan tak terduga dengan tokoh pejuang islam kharismatik Oruzgan Karzani. Seorang tokoh Afghanistan, pemimpin bangsa Afghanistan melawan penjajah Rusia yang dulu hanya Ia tahu dari TV hitam putih di balai desa.

Ia pun berjumpa secara tak terduga dengan Andrea Galliano, orang sinting yang justru karena kesintingannya ia masuk koran dan dari sanalah nama Andrea ia dapatkan. Ia juga bertemu orang indonesia asli di pedalaman Rumania. Ia juga berjumpa kesintingan-kesintingan orang akan cinta di Galliano, Italia. Dan, Allah mempertemukannya dengan pengembara samia yang pemimpinnya digelari wadudh. Nama yang dulu pernah disandingnya waktu kecil namun justru membuatnya menjadi tambah nakal dan tambah tak bisa diatur. Dan nama itu pun tak lama karena berganti nama baru.

Saat ia ingin menemukan arah dengan bintang gemintang maka Allah menjawabnya dengan mentersesatkan dirinya ke daratan Siberia dan bintang gemintang yang sempat dipelajari dari seorang teman kampungnya menyelamatkan dirinya.

Aah, andrea memang telah menyihirku. Sampai dua buah peta besar tergelar dikamar saat ku telusuri tempat-tempat yang diceritakannya dalam novelnya. Membuatku makin takjub.. Dengan hanya bermodalkan kebranian dan pakaian ikan duyung untuk ngamen sepanjang perjalanan tak sedikit tempat yang ia jajaki. Nekat, tapi sungguh membuatku sangat terpikat.

Aku jadi berkaca diri. Sebesar apa aku berani bermimpi dan sekuat apa aku telah berusaha untuk itu??

Jangan-jangan aku hanya telah besar mulut mengumbar mimpi dan tak pernah ada usaha menggapainya.

Lagi-lagi Andrea telah menyihirku dan sekaligus mempermalukan diriku disaat yang bersamaan. Akankah aku juga menapak jejak di tanah Eropa??

Hanya Tuhan yang tahu.

::Kalapa Koneng 12:56

#dan andrea menyihirku (lagi)

Advertisements

4 thoughts on “Tersihir Andrea

  1. suatu saat kmu akn melebihi andrea dlm pencapaian mimpi” mu..
    bentangkan layar perahumu selebar” nya…

    #senyuum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s